Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar

FISIKA UNISMUH

Kurikulum MBKM

Program Studi Pendidikan Fisika

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Makassar diperoleh melalui beberapa cara. Cara pertama yaitu dengan mengkaji masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder) atas lulusan dan calon pemangku kepentingan yang diprediksi akan mendapatkan manfaat dari lulusan. Cara kedua adalah dengan menganalisis masukan dari lulusan Program Studi, seperti kesulitan dan kebutuhan lulusan untuk dapat diterima di lingkungan kerja atau profesional. Informasi yang diperoleh dari kedua cara tersebut dapat menjadi acuan dalam menentukan profil lulusan yang sesuai dengan bidang keilmuan Pendidikan Fisika.

Profil Lulusan dan Deskripsi Profil Lulusan

No.

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL1

Pendidik yang professional di bidang Fisika

Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik baik di lingkungan pendidikan formal maupun non formal dengan penguasaan materi fisika yang baik, memiliki karakter religius, bertanggung jawab, saling membantu, menolong, dan bekerja sama dalam pengembangan pembelajaran Fisika.

PL2

Pendidik Fisika yang

menguasai TIK

Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik baik di lingkungan pendidikan formal maupun non formal yang memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu fisika dan pembelajarannya dan memiliki karakter religius, bertanggung jawab, saling membantu, menolong, dan bekerja sama dalam pengembangan pembelajaran Fisika.

PL3

Peneliti muda pendidikan fisika

Pengkaji permasalahan fisika dan pendidikan fisika serta mempublikasikannya dalam forum ilmiah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan fisika.

PL4

Instruktur lembaga pendidikan formal maupun non formal

Instruktur yang berperan sebagai fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik baik di lingkungan pendidikan formal maupun non formal dengan penguasaan materi fisika yang baik, dan memiliki karakter religius, bertanggung jawab, saling membantu, menolong, dan bekerja sama dalam pengembangan pembelajaran Fisika.

PL5

Calon guru Fisika yang memiliki kemampuan fisika untuk meneruskan studi di jenjang yang lebih tinggi

Calon pendidik fisika yang mampu mengembangkan diri terkait bidang keilmuan fisika murni maupun kependidikan melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Magister)

PL6

Laboran yang profesional

Memiliki: hard skills dan soft skills yang memadai, inisiatif, ketekunan, kreatifitas, kecakapan dan keterampilan serta pengetahuan tentang laboratorium Fisika dan manajemen pengolahannya.

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

1

Sikap

 

S1 S2 S3

 

S4

 

S5 S6 S7

S8 S9

 

S10 S11

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

2

Keterampilan Umum

 

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi

ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan

 

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

 

KU2 KU3

 

 

 

KU4 KU5 KU6 KU7

 

KU8 KU9

menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja

kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3

Keterampilan Khusus

 

Keterampilan Khusus Bidang Keilmuan (KKBK)

KKBK1

 

 

KKBK2

 

 

 

 

KKBK3

 

 

KKBK4

 

 

KKBK5

Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika secara

mandiri sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik sekolah maupun masyarakat umum dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip desain instruktusional

Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah

menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar

Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah,

dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi perangkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi

 

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

KKBK6

siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan bagi sasaran

Keterampilan Khusus Kependidikan (KKK)

KKK 1

 

 

KKK 2

 

KKK 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KKK 4

 

 

KKK 5

 

 

KKK 6

Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah

Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran Fisika

Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses

dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:

1.       Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi

proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:

2.       Penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang

penting untuk dinilai dan dievaluasi;

3.       Penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi;

4.       Pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan

evaluasi;

5.       Pelaksanaan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan instrumen yang ditentukan;

6.       Pelaksanaan proses moderasi penilaian;

7.       Analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; dan

8.       Pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar

secara berkesinambungan;

 

Mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat) untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Mampu melakukan penelitian tindakan kelas (action research) dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah

Mampu melakukan pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman- teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat)

4

Pengetahuan

 

Penguasaan Pengetahuan Bidang Keilmuan (PPBK)

 

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

 

PPBK1 PPBK2 PPBK3

 

PPBK4

Memahami konsep teoretis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum

Memahami konsep umum, prinsip, dan aplikasi matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi

Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajaran

Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika

Penguasaan Pengetahuan Kependidikan (PPK)

PPK1 PPK2

 

PPK3

 

 

PPK4a

 

 

 

 

PPK4b PPK4c PPK5

 

PPK6 PPK7

Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika Menguasai pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran fisika

Memahami konsep teoretis pendidikan, perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya) secara umum

Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik: Pembelajaran Fisika (Physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi perencanaan, penyajian dan pengelolaan pembelajaran (kurikulum, sumber belajar, media, dan model pembelajaran), serta penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Fisika

Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik: Pengembangan media pembelajaran Fisika

Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik: Pengembangan alat laboratorium Fisika untuk sekolah Memahami konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium Fisika untuk sekolah

Memahami konsep umum, prinsip, dan teknik pendampingan

peserta didik

Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika

No

Profil Lulusan

CPL Program Studi

 

PL1

Pendidik yang professional di

bidang Fisika

Sikap

 

S1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

 

PL2

 

 

PL3

Pendidik Fisika yang menguasai TIK

Peneliti pendidikan fisika

S2

Menjunjung         tinggi       nilai       kemanusiaan        dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

 

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan

peradaban berdasarkan Pancasila;

 

PL4

 

 

 

PL5

Instruktur lembaga pendidikan formal maupun non formal

 

Calon guru Fisika yang memiliki kemampuan fisika untuk meneruskan studi di jenjang yang

lebih tinggi

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta

tanah       air,      memiliki      nasionalisme      serta       rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

 

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

 

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

 

S7

Taat       hukum       dan       disiplin      dalam       kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

 

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

 

PL6

Laboran yang profesional

S9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

S10

Menginternalisasi semangat   kemandirian,   keuangan,

dan kewirausahaan

 

 

 

S11

Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati

untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk

berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya

 

 

 

Ketrampilan Umum

 

 

 

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang

memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

 

 

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan

terukur

 

 

 

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang

memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

 

 

 

KU4

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas

akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

 

 

 

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,

berdasarkan hasil analisis informasi dan data

 

 

 

KU6

Mampu memelihara   dan   mengembangkan   jaringan

kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

 

 

 

KU7

Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan

kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

 

 

 

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

 

 

 

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Ketrampilan Khusus

 

Ketrampilan Khusus Bidang Keilmuan (KKBK)

 

KKBK1

Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika secara mandiri sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik sekolah maupun masyarakat umum dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip desain instruktusional

 

KKBK2

Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subyek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan

IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar

 

KKBK3

Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, dan menyelesaikan masalah instrumentasi fisika dalam proses pembelajaran fisika dan masalah

manajemen laboratorium fisika sesuai dengan kaidah keilmuan fisika

 

KKBK4

Mampu menganalisis dan mengusulkan berbagai solusi

alternatif yang ada terhadap permasalahan media belajar fisika dan masalah manajemen laboratorium fisika, serta menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat

 

KKBK5

Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi perangkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi

 

KKBK6

Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan bagi sasaran

 

Ketrampilan Khusus Kepenedidikan (KKK)

 

KKK1

Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar

mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah

 

KKK2

Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya

dalam      penyelenggaraan       kelas      dan      penggunaan laboratorium untuk pembelajaran Fisika

 

KKK3

Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:

1.       Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal,

obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika), yang meliputi:

2.       Penentuan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi;

3.       Penentuan prosedur sesuai dengan tujuan penilaian dan evaluasi;

4.       Pengembangan teknik dan instrumen penilaian dan evaluasi;

5.       Pelaksanaan evaluasi sesuai prosedur, teknik, dan

 

 

 

 

instrumen yang ditentukan;

6.       Pelaksanaan proses moderasi penilaian;

7.       Analisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan; dan

8.       Pengadministrasian penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan;

 

KKK4

Mampu melakukan analisis reflektif terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik, orangtua peserta didik, serta rekan sejawat) untuk peningkatan kualitas pembelajaran

 

KKK5

Mampu melakukan penelitian tindakan kelas (action research)   dengan   pendekatan   kuantitatif   dan   atau

kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran

fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah

 

KKK6

Mampu melakukan pendampingan peserta didik dengan mempertimbangkan aspek sosio-kultural, serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan (orang tua dan teman-teman peserta didik, masyarakat sekitar, serta guru sejawat)

 

Pengetahuan

 

Penguasaan Penegtahuan Bidang Keilmuan (PPBK)

 

PPBK1

Memahami konsep teoretis fisika klasik dan modern

(kuantum) secara umum

 

PPBK2

Memahami     konsep     umum,     prinsip,     dan   aplikasi

matematika, komputasi, dan fisika instrumentasi

 

PPBK3

Memiliki pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen fisika yang umum dan yang khusus untuk proses pembelajara

 

PPBK4

Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika

 

Penguasaan Penegtahuan Kependidikan (PPK)

 

PPK1

Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika

 

PPK2

Menguasai pengelolaan laboratorium untuk pembelajaran fisika

 

PPK3

Memahami konsep teoretis pendidikan,

perkembangan peserta didik (aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan

latar belakang sosial budaya) secara umum

 

PPK4a

Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pembelajaran Fisika (Physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi perencanaan, penyajian dan pengelolaan pembelajaran (kurikulum, sumber belajar, media, dan model pembelajaran), serta penilaian dan

evaluasi proses dan hasil pembelajaran Fisika

 

PPK4b

Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik:

Pengembangan media pembelajaran Fisika

 

PPK4c

Memahami konsep teoretis, prinsip, metoda,dan teknik: Pengembangan alat laboratorium Fisika untuk sekolah

 

PPK5

Memahami konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi, dan perbaikan) laboratorium Fisika untuk sekolah

 

PPK6

Memahami      konsep     umum,     prinsip,     dan     teknik

pendampingan peserta didik

 

 

 

 

PPK7

Memahami konsep umum kependidikan di bidang Fisika

dan

metode

penelitian

 

STRUKTUR MATAKULIAH DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI

  • Matriks Struktur Matakuliah Kurikulum Program Studi

SMT

sks

Jmlh MK

KELOMPOK MATA KULIAH PROGRAM SARJANA / D4

MK Wajib

MK Pilihan

MKWN

VIII

12

3

BW684203482, P2K, 4

CW684203683

, Skripsi, 6

          

AW68420328

1, AIK VIII, 2

  

VII

12

6

CW684203272, Seminar Fisika,

2

       

CP684203273, Statistik Terapan, 2

CP684203274, Fisika Lingkungan,

2

CP684203275, Fisika Terapan, 2

CP684203276

, Optik, 2

AW68420327

1, AIK VII, 2

  

VI

26

11

CW684203362, Fisika Statistik,

3

CW684203363

, Fisika

Kuantum, 3

CW684203264

, Eksperimen Fisika Berbasis Lingkungan, 2

CW684203265

, Pendahuluan Fisika Zat Padat, 2

BW68420336

6, Pengenalan Lapangan Lanjut, 3

CW684203269

, Fisika

Komputasi, 2

  

CP684203267, Penelitian Tindakan Kelas, 2

CP684203268, Astronomi, 2

CP684203269, Mekanika Fluida,

3

CP684203261

0, Kapita

Selekta, 2

AW68420326

1, AIK VI, 2

  

V

25

10

CW684203352, Microteaching, 3

CW684203253

, Eksperimen

Fisika, 2

CW684203354

, Listrik

Magnet, 3

CW684203355

, Metodologi

Penelitian, 3

CW684203256

, Fisika

Modern, 3

   

CP684203257, Pendahuluan Fisika Inti, 3

CP684203258, ISTEM Education, 2

CP684203259, Instrumen Non Tes, 2

CP684203251

0, Desain Praktikum Fisikan, 2

AW68420325

1, AIK V, 2

  

IV

24

10

CW684203342, Fisika Matematika Lanjut, 3

CW684203343

, Mekanika, 3

CW684203344

, Termodinami ka,3

CW684203245

, Gelombang, 2

CW684203346

, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Fisika, 2

   

CP684203247, Kajian Fisika dalam

Al-Quran, 2

CP684203248, Praktikum Fisika Sekolah Menengah,

2

CP684203249, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3

CP684203241

0, Instrumen

Tes, 2

AW68420324

1, AIK IV, 2

  

III

28

11

BW684203232, Pengenalan Lapangan Dasar,

2

CW684203233

, Pembejaran Berbasis Daring, 2

CW684203434

, Elektronika,

4

CW684203335

, Fisika Matematika Dasar, 3

CW684203336

, Telaah Kurikulum Fisika, 3

CW684203337

, Inovasi Pembelajaran Fisika, 3

  

CP684203238, Sejarah Fisika,

2

CP684203239, Multimedia Pembelajaran, 3

CP6842032310, Manajemen Laboratorium, 2

CP684203231

1, Pengantar e- learning, 2

AW68420323

1, AIK III, 2

  

II

23

10

CW684203222, Filsafat Sains, 2

CW684203423

, Fisika Dasar

2, 4

CW684203225

, Bahasa Inggris Untuk Fisika, 2

CW684203326

, Teori Belajar dan Pembelajaran Fisika, 3

BW68420322

7, Etika dan Profesi Keguruan

AW68420322

8, Kewirausahaa n, 2

CW684203229

, Kalkulus

Lanjut, 2

CW684203221

0, Statistik

Dasar, 2

    

AW68420322

1, AIK II, 2

AW68420322

4, PKn, 2

 

I

22

10

BW684203213, Pengantar Pendidikan, 2

CW684203414

, Fisika Dasar

1, 4

CW684203215

, Kalkulus

Dasar, 2

CW684203216

, Alat ukur dan

Pengukuran, 2

CW684203317

, Biologi

Umum, 2

CW684203218

, Kimia Dasar,

2

BW68420321

10, Perkembangan Peserta Didik,

2

     

AW68420321

1, Pendidikan

Agama, 2

AW68420321

2, Bhs

Indonesia, 2

AW68420321

9, Pancasila, 2

Total

144

                

 

DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH

SEMESTER I

SEMESTER I

 

No

 

Kode MK

Mata Kuliah

(MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Praktek

Jumlah

 

1

 

AW684203211

Pendidikan

Agama

 

2

 

0

 

0

 

2

 

2

 

AW684203212

Bahasa

Indonesia

 

2

 

0

 

0

 

2

 

3

 

BW684203213

Pengantar Pendidikan

 

2

 

0

 

0

 

2

4

CW684203414

Fisika Dasar

3

1

0

4

5

CW684203215

Kalkulus Dasar

2

0

0

2

 

6

 

CW684203216

Alat ukur dan

Pengukuran

 

0

 

2

 

0

 

2

7

CW684203317

Biologi Umum

2

0

0

2

8

CW684203218

Kimia Dasar

2

0

0

2

9

AW684203219

Pancasila

2

0

0

2

 

10

 

BW6842032110

Perkembangan

Peserta Didik

 

2

 

0

 

0

 

2

Jumlah Beban Studi Semester I

19

3

0

22

SEMESTER II

No.
Kode MK
Mata Kuliah (MK)
Bobot sks
Teori
Praktikum
Praktek
Jumlah

1

AW684203221

AIK II

2

0

0

2

2

CW684203222

Filsafat Sains

2

0

0

2

3

CW684203423

Fisika Dasar II

3

1

0

4

4

AW684203224

PKn

2

0

0

2

5

CW684203225

Bahasa Inggris Untuk Fisika

2

0

0

2

6

CW684203326

Teori Belajar dan Pembelajaran Fisika

3

0

0

3

7

BW684203227

Etika dan Profesi Keguruan

2

0

0

2

8

AW684203228

Kewirausahaan

2

0

0

2

9

CW684203229

Kalkulus Lanjut

2

0

0

2

10

CW6842032210

Statistik Dasar

2

0

0

2

Jumlah Beban Studi Semester II

22

1

0

23

SEMESTER III

 

No

 

Kode MK

Mata Kuliah

(MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Praktek

Jumlah

1

AW684203231

AIK III

2

0

 

2

 

2

BW684203232

Pengenalan

Lapangan Dasar

0

2

 

 

2

 

3

CW684203233

Pembejaran

Berbasis Daring

2

0

 

 

2

4

CW684203434

Elektronika

3

1

 

4

 

5

CW684203335

Fisika Matematika Dasar

3

0

 

 

3

 

6

CW684203336

Telaah Kurikulum

Fisika

3

0

 

 

3

 

7

CW684203337

Inovasi

Pembelajaran

Fisika

3

0

 

 

3

8

CP684203238

Sejarah Fisika (*)

2

0

 

2

 

9

CP684203239

Multimedia

Pembelajaran(*)

2

1

 

 

3

 

10

CP6842032310

Manajemen

Laboratorium (*)

1

1

 

 

2

 

11

CP6842032311

Pengantar e-

learning (*)

1

1

 

 

2

Jumlah Beban Studi Semester III

22

6

0

28

SEMESTER IV

 

No

 

Kode MK

Mata Kuliah

(MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Praktek

Jumlah

1

AW684203241

AIK IV

2

0

0

2

 

2

CW684203342

Fisika Matematika Lanjut

 

3

 

0

 

0

 

3

3

CW684203343

Mekanika

3

0

0

3

4

CW684203344

Termodinamika

3

0

0

3

5

CW684203245

Gelombang

2

0

0

2

 

6

 

CW684203346

Evaluasi Proses

dan Hasil Belajar

Fisika

 

2

 

0

 

0

 

2

 

7

 

CP684203247

Kajian Fisika

dalam

 

2

 

0

 

0

 

2

8

CP684203248

Al-Quran  (*)

0

2

0

2

 

 

9

 

 

CP684203249

Pengembangan Perangkat Pembelajaran (*)

 

 

3

 

 

0

 

 

0

 

 

2

 

10

 

CP6842032410

Instrumen Tes

(*)

 

2

 

0

 

0

 

3

Jumlah Beban Studi Semester IV

22

2

0

24

SEMESTER V

No

Kode MK

Mata Kuliah

(MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Praktek

Jumlah

1

AW684203251

AIK V

2

0

0

2

2

CW684203352

Microteaching

0

0

3

3

3

CW684203253

Eksperimen

Fisika

0

2

0

2

4

CW684203354

Listrik Magnet

3

0

0

3

5

CW684203355

Metodologi

Penelitian

3

0

0

3

6

CW684203256

Fisika Modern

3

0

0

3

7

CP684203257

Pendahuluan

Fisika Inti(*)

3

0

0

3

8

CP684203258

ISTEM Education(*)

2

0

0

2

9

CP684203259

Instrumen Non

Tes (*)

2

0

0

2

10

CP6842032510

Desain

Praktikum Fisika

(*)

1

1

0

2

Jumlah Beban Studi Semester V

19

3

3

25

 

SEMESTER VI

 

No

 

Kode MK

Mata Kuliah

(MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Praktek

Jumlah

1

AW684203261

AIK VI

2

0

0

2

2

CW684203362

Fisika Statistik

3

0

0

3

3

CW684203363

Fisika Kuantum

3

0

0

3

 

4

 

CW684203264

Eksperimen Fisika Berbasis Lingkungan

 

0

 

2

 

0

 

2

 

5

 

CW684203265

Pendahuluan

Fisika Zat Padat

 

2

 

0

 

0

 

2

 

6

 

BW684203366

Pengenalan

Lapangan Lanjut

 

0

 

0

 

3

 

3

 

7

 

CP684203267

Penelitian Tindakan Kelas(*)

 

2

 

0

 

0

 

2

8

CP684203268

Astronomi(*)

2

0

0

2

 

9

 

CW684203269

Fisika

Komputasi

 

2

 

0

 

0

 

2

 

10

 

CP684203269

Mekanika Fluida

(*)

 

3

 

0

 

0

 

3

 

11

 

CP6842032610

Kapita Selekta

(*)

 

2

 

0

 

0

 

2

Jumlah Beban Studi Semester VI

21

2

3

26

SEMESTER VII

 

No

 

Kode MK

Mata Kuliah

(MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Praktek

Jumlah

1

AW684203271

AIK VII

2

0

0

2

2

CW684203272

Seminar Fisika

0

0

2

2

 

3

 

CP684203273

Statistik Terapan

(*)

 

0

 

2

 

0

 

2

 

4

 

CP684203274

Fisika

Lingkungan(*)

 

2

 

0

 

0

 

2

 

5

 

CP684203275

Fisika

Terapan(*)

 

0

 

2

 

0

 

2

6

CP684203276

Optik (*)

2

0

0

2

Jumlah Beban Studi Semester VII

6

4

2

12

SEMESTER VIII

 

No

 

Kode MK

Mata Kuliah

(MK)

Bobot sks

Teori

Praktikum

Praktek

Jumlah

1

AW684203281

AIK VIII

2

0

0

2

2

BW684203482

P2K

0

0

4

4

3

CW684203683

Skripsi

0

0

6

6

Jumlah Beban Studi Semester  VIII

2

0

10

10

IMPLEMENTASI HAK BELAJAR MAHASISWA MAKSIMUM 3 SEMESTER

  • SEBARAN KEGIATAN BELAJAR BERDASARKAN HAK BELAJAR MAHASISWA

Sebaran kegiatan belajar berdasarkan hak belajar mahasiswa diwakilkan dalam model implementasi MBKM yang tersebar pada delapan semester.  Adapun sebaran kegiatan belajar tersebut dilakukan dalam tiga bentuk kegiatan pembelajaran, yaitu pembelajaran pada Program Studi yang berbeda dalam Perguruan Tinggi (dalam PT), Program studi yang sama di luar Perguruan  Tinggi (luar PT), dan bentuk kegiatan di luar Perguruan Tinggi (Non-PT).

Model implementasi MBKM

Semester

 

JENIS MATA KULIAH & BENTUK KEGIATAN BELAJAR

Jumlah sks

 

MK – U

MK – F

 

MKW –PS

 

MKP –PS

BKP

Dalam

PT

Luar

PT

Non

PT

Sem – I

22

Sem – II

23

Sem – III

28

Sem – IV

24

Sem – V

25

Sem – VI

26

Sem – VII

12

Sem – VIII

12

 

  • BENTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI YANG SAMA PADA PT YANG BERBEDA

Kegiatan  Belajar  pada  Program  Studi  yang  sama  pada  PT  yang berbeda

No

Bentuk Kegiatan

Pembelajaran

Dapat dilaksanakan dengan bobot sks

Keterangan

Reguler

MBKM

1

Pertukaran Pelajar (Menempuh mata kuliah di Program Studi yang sama di luar kampus)

20

20

Program ini merupakan kegiatan belajar

mahasiswa di Program Studi yang sama pada Perguruan Tinggi yang berbeda yang menjadi mitra. Dalam hal ini adalah program studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sulawesi Barat pada sejumlah mata kuliah dengan bobot sks sebanyak 20 sks. Terdapat tiga mata kuliah (MK) yang direkognisi untuk kemudian dikonversi jumlah sks setara

dengan 9 sks. Ketiga MK yang dimaksud

di antaranya yaitu Fisika Modern, Metodologi Penelitian, dan Pendahuluan.

 

Berikut ini merupakan  rekognisi  mata kuliah dan jumlah  sks yang  terintegrasi dalam program Pertukaran Pelajar.

Rekognisi Mata Kuliah pada Program Pertukaran Pelajar

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

SKS

1

CW684203256

Fisika Modern

3

2

CW684203355

Metodologi Penelitian

3

3

CP684203257

Pendahuluan Fisika Inti

3

Jumlah SKS

9

 

  • BENTUK   KEGIATAN   PEMBELAJARAN   DI   LUAR   PROGRAM STUDI PADA NON PT

Bentuk Kegiatan Pembelajara di Luar Perguruan Tinggi

 

 

No

 

Bentuk Kegiatan

Pembelajaran

Dapat

dilaksanakan dengan bobot sks

 

 

Keterangan

Reguler

MBKM

1

Asistensi mengajar di Satuan Pendidikan (AMSP)

4

20

Kegiatan AMSP MBKM dpt dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yg sesuai dengan bobot sks mata kuliah (MK) tersebut. Terdapat enam MK yang direkognisi untuk kemudian dikonversi jumlah sks setara dengan 14 sks. Keenam MK yang dimaksud di antaranya yaitu

Pengenalan Lapangan Lanjut,

Microteaching, Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen Fisika Berbasis Lingkungan, Desain Praktikum, dan Instrumen Non Tes.

2

Kewirausahaan

2

6

Kegiatan Wirausaha MBKM dpt

dikonversikan ke beberapa MK yg memiliki kesesuaian CPL dan waktu kegiatan belajar yg sesuai dengan bobot sks MK tersebut. Dalam hal ini, MK yang dimaksud adalah Fisika Terapan, Fisika Lingkungan, termasuk MK Kewirausahaan itu sendiri.

Rekognisi mata kuliah yang terintegrasi ke dalam program Asistensi Mengajar dan

Kewirausahaan ditunjukkan sebagai berikut.

 

Rekognisi Mata Kuliah pada Program Asistensi Mengajar

 

No

 

Kode MK

 

Mata Kuliah (MK)

 

SKS

1

BW684203366

Pengenalan Lapangan Lanjut

3

2

CW684203352

Microteaching

3

3

CP684203267

Penelitian Tindakan Kelas

2

 

4

 

CW684203264

Eksperimen Fisika Berbasis

Lingkungan

 

2

5

CP6842032510

Desain Praktikum Fisika

2

6

CP684203259

Instrumen Non-tes

2

Jumlah SKS

14

 

Rekognisi Mata Kuliah pada Program Kewirausahaan

 

No

 

Kode MK

 

Mata Kuliah (MK)

 

SKS

1

AW684203228

Kewirausahaan

2

2

CP684203274

Fisika Lingkungan

2

3

CP684203273

Fisika Terapan

2

Jumlah SKS

6

https://simklinik.uinfasbengkulu.ac.id/rektorat/ https://e-doc.upstegal.ac.id/img/gacor/ slot gacor hari ini https://kerjasama.wdh.ac.id/fire/
jp1131 https://login-bobabet. net/ https://sugoi168daftar.com/
http://bpkad.sultengprov.go.id/belibis/original/